Review Xiaomi Redmi 5 Plus, Ponsel Dengan Model Full Screen Berharga Murah

Xiaomi Redmi 5 Plus merupakan ponsel terbaru dari Xiaomi yang diluncurkan sekitar bulan Desember tahun lalu. Ponsel yang telah mengadopsi layar dengan ratio 18:9 ini disebut-sebut merupakan versi upgrade dari Xiaomi Redmi Note 4 yang laris manis di Indonesia.
HP besutan vendor dari Tiongkok ini terdiri dari dua versi yaitu versi RAM 3 GB dan memori internal 32 GB dan satu lagi kapasitas RAM 4 GB dengan media penyimpanan 64 GB. Harga jual diantara keduanya terpaut lebih kurang Rp 500 ribuan, di mana versi RAM 3 GB dijual dengan harga dikisaran Rp 2,3 jutaan, sedangkan untuk versi RAM 4 GB dibanderol dengan harga mulai dari 2,8 jutaan.

Xiaomi Redmi 5 Plus memiliki fitur-fitur kekinian yang sangat cocok bagi pengguna yang sedang mencari sebuah smartphone Android dengan tampilan 'fresh'. Bagaimana spesifikasi beserta fitur yang terdapat di dalamnya? Silahkan ikuti saja pembahasan lengkapnya berikut ini.

Desain dan Layar

Ponsel Xiaomi Redmi 5 Plus memiliki desain full screen terbaru seperti HP Asus ZenFone Max Plus M1 yang sebelumnya telah Admin bahas pada postingan yang ini (masukkan link post Asus ZenFone Max Plus M1). Bezelnya tergolong tipis dan pada bagian depan dilapisi dengan material kaca berdesain 2.5D yang dipadu dengan Corning Gorilla Glass sebagai pelindung dari goresan.

Kalau dilihat dari sisi bagian belakang, desainnya tidak banyak bedanya dengan Redmi Note 4 bahkan cenderung sangat mirip. Panjang ponsel dari ujung ke ujung adalah sekitar 158,5 mm dan lebar lebih kurang 158,5 mm. Sementara itu ketebalan yang dimiliki 8,1 mm saja. Untuk bobot, hanya di angka 180 gram.

Tombol volume terdapat di bagian sisi kanan, sedangkan slot kartu SIM hybrid ada di bagian sisi kiri. Slot kartu SIM hybrid itu memberikan pilihan kepada pengguna apakah ingin meletakkan kartu SIM dua-duanya atau satu SIM + MicroSD. Port MicroUSB terletak pada bagian bawah unit berdekatan dengan speaker, sementara di bagian atas ada colokan audio jack 3,5 mm dan beberapa sensor. Pilihan warna yng disediakan oleh Xiaomi ada 4 macam yakni hitam, Gold, Light Blue dan Rose Gold.

Bentang layar yang dimiliki oleh ponsel Xiaomi Redmi 5 Plus adalah seluas 5,99 inci dengan resolusi 1080 x 2160 piksel. Untuk panel yang digunakan adalah IPS LCD capacitive touchscreen yang terkenal dengan viewing angle-nya yang luas. Layar tersebut memiliki ratio 18:9 serta talah mendukung fitur Multitouch. Kerapatan piksel layar yang lumayan lega tersebut termasuk tinggi yakni ~403 ppi.

Ratio layar yang sedang tren pada ponsel Xiaomi satu ini tentunya akan sangat nyaman saat digunakan untuk berbagai aktivitas seperti menonton video Youtube, main game dan lain-lain. Tidak diketahui apakah pada Xiaomi ini ada fitur upscalling atau tidak seperti halnya ponsel Asus ZenFone Max Plus M1.

Performa


Prosesor yang dibenamkan sebagai dapur pacu Xiaomi Redmi 5 Plus adalah Qualcomm Snapdragon 625, sama dengan Redmi Note 4. Jenis chipset Qualcomm tersebut bisa dibilang sudah cukup tua umurnya, sebab sudah diperkenalkan ke pasar sejak beberapa tahun lalu. Namun, walaupun sudah agak 'berumur' namun performanya tetap tangguh dengan kinerja yang stabil dan manajemen daya yang lebih baik. Sebagai informasi tembahan, saat ini telah ada versi penerusnya yakni Qualcomm Snapdragon 630.

Untuk urusan olah grafis, Xiaomi membenamkan GPU Adreno 506 yang sudah cukup kuat untuk diajak main game-game HD. Memang tidak semaksimal HP kelas atas performa GPU tersebut, tapi kalau sekedar bermain game yang tidak banyak special effect-nya masih cukup bagus dan bisa diandalkan.

Kamera


Kamera utama pada Xiaomi Redmi 5 Plus belum memakai dual camera seperti yang banyak ditemui pada ponsel kelas menengah terbaru yang lain, akan tetapi mengandalkan single kamera beresolusi 12 MP. Fitur-fitur yang terdapat pada kamera utamanya tersebut diantaranya dual-tone flash dan phase-detection autofocus.

Untuk fitur lainnya pada kamera belakang Redmi 5 Plus ini ada night mode, HDR, beauty dan panorama. Kalau pengguna ingin melakukan pengaturan manual, sudah tersedia pengaturan untuk tweak level ISO dan white balance. Belum ada fitur untuk mengatur shutter speed ada smartphone Xiaomi yang satu ini.

Hasil jepretan kamera belakangnya bisa dibilang cukup baik, di mana komposisi warna terlihat natural dan fokus yang bagus. Jika mengambil foto di tempat yang kurang cahaya atau malam hari, foto yang dihasilkan masih terbilang cukup baik dan tidak banyak noise. Untuk kebutuhan perekaman video, ponsel harga 2 jutaan ini mampu merekam video sampai dengan resolusi 4K pada 30fps dan resolusi 1080p 30fps juga.

Sementara itu untuk kamera depan, cuma beresolusi 5 MP saja dan semua kebutuhan seperti untuk selfie dan video call pengguna harus puas dengan spesifikasi kamera depan yang seperti itu.

Fitur Lain


Fitur lainnya yang terdapat pada HP Xiaomi Redmi 5 Plus yang menarik untuk dibahas diantaranya adalah telah tersedia fitur keamanan berupa pemindai sidik jari yang pastinya akan memaksimalkan kemanan perangkat. Sensor fingerprint-nya sendiri terletak pada baian belakang, tepatnya di bawah kamera utama.

Sumber tenaga yang digunakan cukup besar yakni dari baterai jenis Li-Po berkapasitas 4000 mAh. Kapasitas baterai sebesar itu seharusnya bisa bertahan sampai lebih dari 24 jam untuk mode pemakaian normal. Jika digunakan untuk main game secara terus-menerus misalnya, sudah pasti daya tahannya di bawah 24 jam.

Ringkasan Spesifikasi Xiaomi Redmi 5 Plus


Harga: Mulai Dari Rp 2,2 Jutaan (3/32GB) dan 2,7 Jutaan (4/64GB)
Jaringan: 4G/3G/2G
CPU: Qualcomm Snapdragon 625 Octa-core, 2.0 GHz Cortex-A53
GPU: Adreno 506
OS: Android 7.1.2 (Nougat)
RAM: 3/4 GB
Memori Internal: 32/64 GB
Memori Eksternal: Ya, MicroSD Sampai 128 GB
Luas Layar: 5,99 inci
Resolusi: 1080 x 2160 Piksel, Ratio Layar 18:9, Kerapatan Piksel ~403 ppi
Panel Layar: IPS LCD capacitive touchscreen, 16 Juta Warna
Kamera Belakang: 12 MP (f/2.2, 1.25 ┬Ám)
Kamera Depan: 5 MP
Sensor Sidik Jari: Ya, Terletak di Sisi Belakang
Baterai: Li-Po 4000 mAh Non-Removable
Pilihan Warna: Hitam, Gold, Light Blue dan Rose Gold

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 5 Plus


Kelebihan:


1. Desain dan layar model baru
2. Kamera bisa merekan video 4K
3. Harga tergolong murah di kelasnya
4. Pilihan warna banyak


Kekkurangan:


1. Prosesor yang digunakan bisa dibilang model yang sudah agak tua
2. Kamera utama masih mamakai tipe single camera

Demikianlah review mengenai handphone Xiaomi Redmi 5 Plus. Semoga penjelasan di atas bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai bahan referensi. Akhir kata, handphone Xiaomi yang dibahas ini cocok untuk kamu yang menginginkan sebuah ponsel yang memiliki tampang baru dan bisa juga dipakai untuk bermain game, walaupun tidak semua game mampu berjalan dengan lancar, terutama yang memiliki special effect yang banyak.