Kesalahan Saat Mengecas Smartphone yang Sering Kita Lakukan

Di zaman sekarang yang serba modern ini, Kita tak bisa lepas dengan barang yang satu ini yaitu smartphone, Maka dari itu kita sering merasa ketakutan ketika baterai kita mulai kosong apalagi pada saat kita berada di luar rumah atau ketika kita harus selalu mengaktifkan smartphone untuk kepentingan tertentu.

Kesalahan Saat Mengecas Smartphone yang Sering Kita Lakukan

Dalam hal melakukan pengisian batrei smartphone memang terbilang sangat mudah, akan tetapi masih ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan tidak bisa dianggap remeh. Karena jika kita melakukan pengisian yang secara sembarangan dan tanpa ada aturan maka jika hal ini terus-menerus di lakukan maka akan terjadi kerusakan baterai smartphone secara fatal, sungguh Anda tidak ingin mengalaminya bukan...!

Jadi pada kesempatan kita kali ini, saya akan memberikan tips agar pengguna smartphone bisa lebih awet dalam menggunakannya. karena seperti yang kita ketahui bahwa harga beli smartphone cukup mahal apalagi di kalangan anak muda sekarang harga smartphone nya bisa mencapai harga satu motor, gak kebayangkan jika smartphone mahal jadi rusak gara-gara mengecas smartphone yang tidak benar. Berikut kesalahan saat mengecas smartphone yang sering kita lakukan yang harus Anda ketahui:

Kesalahan Saat Mengecas Smartphone yang Sering Kita Lakukan

1. Menggunakan charger palsu/bajakan

Kesalahan Saat Mengecas Smartphone yang Sering Kita Lakukan
Jika Anda menggunakan charger palsu itu bukanlah pilihan yang terbaik, bahkan tidak di anjurkan. Sebab secara perlahan jika Anda menggunakan charger palsu, maka akan berakibat rusaknya smartphone Anda yang mungkin tidak dapat Anda sadari.

2. bermain game saat mengecas

Kesalahan Saat Mengecas Smartphone yang Sering Kita Lakukan
Apakah Anda pernah mengira jika pemakaian baterai terbesar pada smartphone Anda ialah pada paket data dengan seluruh koneksinya. Kemudian Anda memilih untuk mematikan semuanya namun Anda tetap melanjutkan dengan bermain game pada saat melakukan pengecasan smartphone . Kemudian Anda akan berpikir dan bertanya-tanya mengapa mengisi baterai sangat lama terisi? Nah kabar buruknya adalah, grafis aplikasi yang berat seperti game, menonton, dan video memang sangat menguras baterai Anda dan itu lebih cepat dibandingkan dengan browsing di internet.

3. Membackup data sambil ngecas

Perlu diperhatikan kalau Anda menggunakan aplikasi khusus buat membackup data, harus pastikan ketika Anda mengecas di harapkan tidak menjalankan aplikasi tersebut.

4. Mengecas HP di suhu tinggi

Kesalahan Saat Mengecas Smartphone yang Sering Kita Lakukan
Memang baterai Li-on smartphone Anda benar-benar tidak suka berada pada kondisi yang kelebihan panas atau terlalu dingin. Karena mereka lebih memilih suhu yang nyaman atau biasa disebut suhu kamar. Maka, sebaiknya jangan cas HP Anda di tempat yang panas misalnya di bawah sinar matahari langsung atau suhu di bawah nol seperti freezer. Ini bisa menyebabkan baterai akan lebih cepat mati.

5. Menggunakan power bank Terlalu sering

Kesalahan Saat Mengecas Smartphone yang Sering Kita Lakukan
Karena dalam pemakaina smartphone akan kebutuhan sehari-hari membuat banyak dari kita yang menggunakan dan bergantung pada power bank. Namun Anda harus mengetahui panas yang dipancarkan dari pengisian power bank yang kita gunakan dapat merusak baterai smartphone Anda juga. Maka dari itu, sebaiknya Anda memakai metode pengisian yang biasa saja dan jika Anda memakai power bank gunakannlah jika Anda benar-benar dalam keadaan terdesak.

6. Ngecas HP tanpa melepas casing pelindung

Kesalahan Saat Mengecas Smartphone yang Sering Kita Lakukan
Menurut survey kesalahan yang satu ini sangat sering dilakukan oleh banyak pengguna smartphone. termasuk saya sendiri, karena sebenarnya dalam pengisian daya smartphone ternyata harus melepas casing pelindung smartphone kamu terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar suhu panas pada sisi bawah smartphone tidak tertampung oleh casingnya.

7. Membiarkan HP mati karena kehabisan baterai

Kesalahan Saat Mengecas Smartphone yang Sering Kita Lakukan
Sebaiknya jangan biarkan smartphone Anda kehabisan batrei hingga nol persen, ini biasanya sering kita lakukan dengan membiarkan smartphone Anda mati karena kehabisan baterai. karena kebiasaan ini jika terus-menerus dilakukan maka akan dengan cepat merusak smartphone Anda . Selain itu membiarkan smartphone hingga mati total juga akan membuat ion lithium dalam baterai akan mudah menguap dan rusak.

8. Ngecas HP dekat elektronik

Kesalahan Saat Mengecas Smartphone yang Sering Kita Lakukan
Kemudian jika Anda mengecas smartphone ada baiknya jika tidak dilakukan terlalu dekat dengan barang eletronik lainnya yang memiliki suhu panas contohnya kulkas, televisi atau laptop yang menimbulkan suhu panas dalam jangka waktu yang lama.

9. Mengecas HP sampai 100%

Kesalahan Saat Mengecas Smartphone yang Sering Kita Lakukan
Seperti yang saya ketahui, persentase optimum untuk baterai Li-on yang banyak dipakai saat ini adalah agar dapat menjaga mereka di kondisi 50% atau lebih. Dalam pengisian dengan interval 40%-80% adalah kisaran yang direkomendasikan. Sementara pengisian sampai mencapai 100% itu hampir sama persis dengan membunuh baterai HP Anda.

10. Mengecas HP baru dibeli sampai 100%

Untuk saat ini masih banyak yang berpendapat jika smartphone yang baru dibeli harus dicas hingga 100% terlebih dahulu sebelum dipakai. Memang ada benarnya, tetapi untuk smartphone yang memakai baterai berbasis nikel saja. Karena pada baterai lithium ion baru yang banyak dipakai saat ini, memang dapat digunakan langsung setelah pembelian.

11. Mengecas HP semalaman

Kesalahan Saat Mengecas Smartphone yang Sering Kita Lakukan
Sekarng ini terutama anak muda, biasanya bermain HP hingga larut malam, kemudian tidurpun sambil charge hp-nya hal ini bertujuan agar bisa digunakan kembali pada saat bangun pagi.Karena dengan melakukan charge semalaman maka baterai akan kelebihan kapasitas dan bahkan dari beberapa kejadian yang sudah terjadi bisa menimbulkan panas dan ledakan, duhhh ngeri jugakan....!.

12. charge di atas kasur

Kesalahan Saat Mengecas Smartphone yang Sering Kita Lakukan
Satu lagi kesalahan yang sering dilakukan adalah pada saat Ngecas HP ditaruhnya dikasur dan ini sebenarnya sangat berdampak buruk untuk smartphone Anda. Karena panas yang dihasilkan pada saat sedang mengisi baterai akan semakin bertambah jika berada di tempat yang empuk. Jadi sebaiknya Andamengecas smartphone carilah tempat yang keras seperti meja atau lantai.

Demikian yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat, terimakasih...!