Cara Menghubungkan HP ke TV Tanpa Ribet

Cara Menghubungkan HP ke TV Tanpa Ribet

Perkenbangan teknologi saat ini sudah semakin canggih. Yang mana dulunya televisi dan HP masih mempunyai warna monokrom, namun untuk saat ini gess TV ataupun HP sudah bertambah canggih dan juga mempunyai banyak sekali fitur-fitur menarik. Nah pada saat ini sebuah ponsel sudah bisa disambungkan ke televisi dengan melalui banyak cara. Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan USB.

Cara Menghubungkan HP ke TV Tanpa Ribet


Disini saya akan memberikan dua cara yang bisa digunakan untuk menyambungkan smartphone Android anda ke TV menggunakan USB. Tetapi perlu anda perhatikan disini bahwa ponsel ataupun TV kamu harus menunjang untuk melakukan hal ini. Jika anda mempunyai TV terbaru atau Smart TV, maka anda bisa memakai fitur Mirror.

A. Cara Menghubungkan HP ke TV via USB

Pertama yang harus anda lakukan untuk menyambungkan HP Android ke TV adalah dengan cara memakai sebuah USB. Tapi sebelum itu anda juga membutuhkan sebuah kabel HDMI merupakan jenis Micro SD USB to HDMI. Agar anda gak perlu memakai kabel USB biasa yang sering dipakai buat pengisian daya baterai. Langsung saja simak caranya dibawah ini.

1. Pertama anda siapkan kabel HDMI sesuai dengan ponsel yang anda punya.

2. Lalu anda bisa mematikan terlebih dahulu kabel pada TV yang anda punya.

3. Kemudian anda bisa langsung menyambungkan kabel HDMI ke HP dan TV.

4. Dan nantinya akan muncul opsi pada layar HP anda, kemudian silahkan anda checklist opsi HDMI. Tapi jika gak muncul opsi tersebut anda bisa masuk ke menu Pengaturan > HDMI > Checklist.

5. Selesai, maka sekarang smartphone Android anda telah terhubung dengan TV.


B. Cara Menghubungkan HP ke TV via Chromecast

Kemudian cara selanjutnya yang dapat anda lakukan buat menghubungkan HP Android ke sebuah TV adalah dengan memakai perangkat ketiga. yaitu perangkat Chromecast. Mungkin ada yang belum tahu apa itu Chromecast? Chromecast adalah sebuah perangkat tambahan yang mempunyai bentuk hampir sama dengan USB flashdisk dan mempunyai fungsi seperti WiFi atau hotspot.

Disini ada dua peran yakni smartphone Android anda akan berperan sebagai hotspot sedangkan TV anda akan berperan sebagai WiFi. Supaya anda bisa menghubungkan smartphone Android dengan TV tanpa harus memakai kabel HDMI. Langsung saja simak caranya dibawah ini:

1. Pertama anda siapkan terlebih dahulu perangkat Chromecast. Jika anda belum punya, anda bisa membelinya di toko online ataupun di tempat penjualan perangkat TV.

2. Kemudian anda bisa menghubungkan perangkat Chromecast dengan televisi melalui lubang HDMI yang sudah tersedia.

3. Lalu setelah itu anda bisa menghidupkan hotspot pada smartphone Android yang anda punya.

4. Kemudian langkah selanjutnya anda buka aplikasi Chromecast kemudian pilihlah pengaturan untuk mengatur sambungan TV dan HDMI.

5. Jika perangkat meminta set up code, silahkan anda sesuaikan perangkat agar bisa tersambung.

6. Jika smartphone android dan TV telah sinkron, maka anda telah berhasil menghubungkan smartphone Android dengan TV.

7. Jika sudah di sinkronkan, maka Android anda telah terhubung dengan TV.

Yang perlu anda ketahui disini bahwa dua cara diatas bisa anda lakukan jika anda masih memiliki TV dengan versi yang lama dan belum dilengkapi teknologi Mirror. jika anda sudah menggunakan TV terbaru atau Smart TV, maka anda gak perlu melakukan cara diatas untuk menghubungkan smartphone Android dengan TV. Sebab anda bisa langsung menggunakan fitur Mirror yang sudah tersedia di Smart TV anda. Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.