Tips Membeli HP - Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Smartphone

Panduan pilih dan  beli hp terbaik - Seperti yang kita ketahui, penggunaan hp di era saat ini sangatlah dibutuhkan. Seakan smartphone atau yang biasa kita sebut HP menjadi kebutuhan primer. Mengingat begitu vitalnya peranan hp di tengah-tengah masyarakat. Baik untuk sekedar berkomunikasi dengan saudara yang jauh, bisnis, mencari informasi, dll.

Kini kita selalu disuguhkan dengan keluaran smartphone terbaru dari beberapa vendor yang sepertinya tiada habisnya. Yang mana hampir setiap keluaran gadget terbaru diiringi dengan teknologi terbaru yang diusungnya. Dengan banyaknya pilihan yang ada, tentunya membuat anda bingung memilih smartphone yang terbaik yang bisa anda miliki. Sehingga anda tidak menyesal ketika membelinya.

Untuk itu, saya akan memberikan beberapa tips atau panduan yang bisa anda jadikan acuan ketika anda ingin membeli hp baru. Berikut beberapan hal yang perlu anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli hp idaman anda.
tips membeli hp

Hal yang Wajib Anda Perhatikan Sebelum Membeli HP/Smartphone


1. RAM (Random Access Memory)

Kenapa saya memposisikan RAM yang harus anda perhatikan pertama kali, karena RAM adalah komponen yang menopang kinerja prosesor pada smartphone. Semakin besar RAM pada smartphone maka semakin optimal dalam menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan pada smartphone tersebut. Minimal kapasitas RAM yang harus dimiliki smartphone anda adalah 1 GB.

2. Kamera

Hal ini yang sangat diperhitungkan untuk yang gemar berfoto ria. Biasanya saat ini smartphone dilengkapi dengan kamera belakang dan depan. Namun yang wajib anda perhatikan adalah resolusi (megapixel) dari smartphone tersebut karena faktor ini sangat berpengaruh terhadap hasil tangkapan gambar ketika berfoto menggunakan hp tersebut. Sederhananya, semakin besar resolusi (megapixel) semakin baik gambar yang dihasilkan.

3. Memori Internal

Jangan abaikan hal ini, karena kapasitas memori internal sangat berpengaruh terhadap performa ponsel anda. Walapun anda bisa menambah kapasitas memori pada hp anda dengan menggunakan microSD, namun perlu anda ketahui ada beberapa aplikasi yang mengharuskan anda untuk memasangnya pada memori internal. Umumnya saat ini, minimal 8 GB yang harus dimiliki pada hp anda.

4. Baterai

Berikutnya yang perlu anda perhatikan adalah kapasitas baterai. Hal ini wajib diperhatikan bagi anda yang memiliki aktivitas mobile di atas rata-rata pengguna ponsel biasanya. Disarankan untuk ponsel level menengah sebaiknya kapasitas baterai yang digunakan adalah tidak kurang dari 2.200 mAh.

5. Kecepatan Prosesor

Prosesor atau CPU menjadi komponen terpenting dalam kinerja sebuah smartphone. Kecepatan prosesor diukur dalam satuan Hertz (Hz). Sebaiknya kecepatan prosesor pada smartphone yang akan anda beli tidak kurang dari 1 GHz. Sehingga anda bisa menjalankan smartphone anda dengan lancar.

6. Sistem Operasi

Pilihlah smartphone dengan sistem operasi atau OS terbaru. Karena menggunakan sistem operasi terbaru memiliki banyak kelebihan yang mungkin menutupi kekurangan pada OS sebelumnya, baik OS Android, iOS, Blackberry dll.

7. Display

Ada beberapa hal yang perlu perhatikan pada layar ponsel yang ingin anda miliki selain resolusi dan ukurannya yakni kerapatan pixel-nya. Semakin besar kerapatan pixelnya maka gambar akan tampak lebih tajam dan jernih.

8. Desain

Tips yang kedelapan ini tergantung pilihan anda, banyak desain smartphone yang bisa anda pilih. Tentunya memilih desain yang membuat anda tidak bosan dan menarik.

9. Teknologi Jaringan

Pemilihan jaringan pada smartphone perlu anda perhatikan, terutama untuk anda yang sering menggunakan internet. Saya sarankan untuk membeli hp yang bisa digunakan untuk jaringan 4G.

10. Fitur

Ini merupakan faktor tambahan yang bisa anda pertimbangkan, kini sudah ada beberapa fitur canggih yang bisa anda gunakan untuk memaksimalkan panggunaan smartphone yang kelak anda miliki.

Tentunya dari beberapa hal di atas, disesuaikan dengan anggaran yang anda miliki. Itu lah beberapa tips yang bisa anda jadikan acuan ketika anda ingin memilih dan membeli smartphone. Semoga bermanfaat!