Trik Jepretan Fotografi Berkualitas Menggunakan Ponsel

Semua orang tentu ingin menyimpan banyak dalam kehidupannya. Momen yang indah tentu sangat disayangkan jika terlewat begitu saja maka dari itu setiap momen indah perlu diabadikan. Dalam mengabadikan setiap momen dengan kamera ponsel pastinya sudah biasa dilakukan banyak orang. Namun gak sedikit orang yang beranggapan jika kamera ponsel gak memadai untuk menghasilkan foto dengan kualitas yang baik.

Dengan seiring berkembangnya teknologi, telah banyak kamera ponsel yang gak kalah canggih jika dibandingkan dengan kamera mirrorless atau DSLR sekali pun. Pastinya untuk menghasilkan jepretan foto yang berkualitas dengan ponsel layaknya kamera profesional, tentu membutuhkan usaha yang lebih dan juga teknik dan trik.

Langsung saja Berikut beberapa hal yang harus kalian perhatikan kalau kalian pengen menghasilkan foto keren dengan memakai kamera ponsel.

Trik Jepretan Fotografi Berkualitas Menggunakan Ponsel


1. Pastikan Pencahayaan Cukup

Apakah kalian tahu jika fotografi dalam arti yang sesungguhnya ialah“melukis dengan cahaya”? Maka dari itu, cahaya merupakan salah satu komponen paling dalam memotret dan sebelum membidik objek yang akan diabadikan, tentunya pencahayaan yang meliputi objek cukup terang.

Kalau misalnya kalian merasa ruangan tak cukup terang, maka pakailah flash. Tapi, perlu diingat sebenarnya jarak efektif flash hanyalah sekitar 2-3 meter.

2. Jaga Kestabilan Kamera


Selanjutnya hasil foto yang diabadikan akan semakin bagus kalau memotretnya stabil. Supaya hasil foto stabil atau gak buram, jadi sebaiknya usahakan tangan kalian gak goyang atau gemetar pada saat memotret.

Selanjutnya kalian dapat memanfaatkan tripod untuk menyangga ponsel supaya hasil foto lebih stabil dan berkualitas.

3. Dekati Objeknya, Jangan Zoom

Nah kesalahan yang paling sering terjadi ketika memotret menggunakan kamera ponsel yaitu hasil foto yang blurry (buram). Hasil foto yang gak jelas hal seperti ini biasanya disebabkan karena kalian memakai zoom.

Jika kalian memakai zoom, memang foto tampak semakin jelas, namun hasil foto malah menjadi buram dan pecah.

Lalu cara mengatasinya adalah posisikan diri kalian pada jarak yang pas yang mana seluruh bidikan akan terkena kamera ponsel kalian tanpa zoom.

4. Bidik dari Berbagai Angle

Trik Jepretan Fotografi Berkualitas Menggunakan Ponsel

Pada sudut atau angle pemotretan pastinya sangat mempengaruhi hasil foto. Kalau kalian memotret dari sudut potret yang biasa, maka hasil foto juga akan biasa saja.

Jadi kalian cobalah untuk membidik objek dari berbagai sudut yang gak biasa dan juga beragam hanya cuma ingin mendapatkan hasil foto dengan sentuhan yang unik dan berbeda.

5. Manfaatkan High Resolution

Untuk saat ini umumnya kamera ponsel sudah tersedia fitur yang membolehkan kalian untuk memilih resolusi gambar yang ingin dipakai. Untuk menghasilkan kualitas yang baik, maka pilihlah resolusi yang tinggi sebelum memotret.

Namun, kalian perlu mengecek terlebih dahulu berapa kapasitas memori pada ponsel. Karena jika semakin tinggi resolusi yang kalian pilih, maka akan semakin besar juga ukuran file dari hasil foto kalian.

6. Percantik dengan Aplikasi Photo Editor

Trik Jepretan Fotografi Berkualitas Menggunakan Ponsel

Kalau kalian beri sentuhan berbagai filter pada aplikasi photo editor, maka hasil foto akan semakin kece dan keren, kalian dapat mengunduhnya di play store.

Kemudian selain sentuhan filter, kalian juga dapat menyempurnakan hasil potret dengan cara mengatur brightness, contrast, hingga cropping.

Namun dalam hal mengedit foto jangan terlalu berlebihan maka hal tersebut akan menghilangkan originalitas hasil foto kalian. Ingatlah bahwa photo editor cuma untuk mempercantik, bukan mengubah.

7. Dapatkan Hasil Foto yang Memuaskan Hanya dari Ponsel

Nah sekarang kalian sudah tahu trik-trik jitu dalam mengabadikan momen dengan kamera ponsel. Namun keindahan dalam foto terletak pada kemampuan mengabadikan momen tersebut dengan bereksperimen melalui berbagai komposisi yang berbeda dalam satu frame.

Jadi kalian gak usah takut untuk memotret terus menerus karena ini merupakan cara untuk mengasah kemampuan fotografi kalian. Sebab jika semakin sering memotret, maka akan makin baik pula hasilnya. Ok terimakasih sudah membaca sampai jumpa.