Tindakan Utama Menyelamatkan Hp Yang Terendam Air

Pernah mengalami kejadian ponselmu tak sengaja jatuh dan terendam di air? Dalam kondisi ini, kamu tentu panik karena handphone mati mendadak.

Nah, apa yang bisa dilakukan apabila smartphone terendam air? Ikuti cara berikut ini.

Tindakan Utama Menyelamatkan Hp Yang Terendam Air

Tindakan Utama Menyelamatkan Hp Yang Terendam Air

1. Segera ambil smartphone dari dalam air

Meski kelihatannya tertutup rapat, air dapat dengan mudah merembes ke dalam smartphone dalam waktu yang sangat singkat.

Perbedaan waktu beberapa detik pun bisa menentukan hidup-mati gadget.

Oleh karena itu, keluarkan perangkat dari air sesegera mungkin, lalu langsung matikan untuk mencegah korsleting (hubungan pendek arus listrik). Jangan di nyalakan dulu sebelum di keringkan.

2. Lepas Baterai

Setelah menyelamatkan handphone dari air, taruhlah handphone di atas handuk atau pakaian berbahan lembut. Setelah itu, buka kover handphone dan copot baterainya.

Terdengar sepele, bukan? Padahal ini adalah langkah terpenting. Ketika basah, sejumlah besar perangkat keras pada handphone akan rusak apabila masih terdapat sumber listrik berupa baterai.

3. Keluarkan kartu SIM dan memory card

Data dan informasi yang tersimpan di SIM atau kartu memori kadang lebih penting dibanding smartphone itu sendiri.

Oleh karena itu, meski kedua komponen ini relatif tahan air, sebaiknya segera keluarkan untuk mencegah timbulnya hal-hal yang tidak diinginkan.

Misal saja korosi pada bagian kontak yang terbuat dari metal.

Lalu, segera keringkan SIM dan kartu memori, jangan dimasukkan lagi sebelum ponsel benar-benar kering.

4. Keringkan Handphone

Langkah selanjutnya adalah mengeringkan handphone di bagian luarnya. Untuk tujuan tersebut, secara perlahan lap handphone dengan handuk atau kain dan angkat air yang terlihat.

Hindari gemetar atau menggerakkan handphone secara berlebihan agar air tidak menuju area yang lebih dalam lagi.

Hindari pula menyumbat handuk pada celah-celah dan lubang pada handphone untuk mencoba membersihkan bagian dalam.

5. Gunakan penyedot debu (vacuum cleaner)

Untuk mengeringkan air dari dalam ponsel, gunakan vacuum cleaner bila ada.

Nyalakan dan arahkan ke tiap-tiap bagian yang basah selama kira-kira 20 menit.

Agar tidak pegal, bergantian lah memegang nya dengan orang lain.

Metode ini bisa mengeringkan ponsel dengan cepat sehingga dapat dinyalakan dalam waktu sesingkat-singkatnya setengah jam apabila ponsel hanya ter celup sebentar ke dalam air.

Jangan mengarahkan corong vacuum cleaner terlalu dekat ke ponsel karena alat ini menghasilkan listrik statis yang bahkan lebih berbahaya untuk ponsel dibandingkan air sekalipun.

Jangan gunakan pengering rambut (hair dryer) atau benda apa pun yang sifatnya meniupkan angin untuk mengeringkan ponsel, meskipun disetel ke posisi "dingin".

Alat-alat tersebut bisa mendorong air dan kelembapan lebih jauh ke dalam ponsel sehingga berpotensi memperparah kerusakan.

6. Rendam Handphone dengan beras

Beras tidak hanya sumber karbohidrat yang dibutuhkan tubuh. Beras sudah lama dikenal mempunyai zat afinitas tinggi yang mampu mengangkat uap air. Tak heran, beras sering digunakan sebagai bahan penyerap air pada handphone yang basah.

Caranya, kubur handphone di bawah semangkuk beras atau nasi mentah bekas semalam.

Berapa lama merendam handphone dalam beras? Untuk hasil maksimal, biarkan selama sehari penuh sementara beras menyerap air yang ada di dalam handphone.

Selain beras, pilihan praktis lain yang bisa digunakan adalah sereal Rice Krispie atau menutupi tubuh handphone dengan handuk kering.

7. Keluarkan smartphone, lalu letakkan di atas handuk, sapu tangan, atau kain lainnya.

Apabila ternyata masih ada kelembaban di handuk atau sapu tangan, ulangi pengeringan dengan vacuum cleaner dan langkah-langkah selanjutnya.

8. Tes Handphone

Setelah menunggu 24 jam atau lebih, bersihkan semua debu atau kotoran yang mungkin menempel pada handphone sewaktu direndam beras.

Tidak lupa, masukkan baterai kembali dan nyalakan handphone dengan menekan tombol power. Lihatlah apakah handphone sudah kembali bekerja seperti sediakala.

Bagaimana jika handphone masih tidak mau menyala? Coba isi ulang handphone dengan melepas baterai. Barangkali baterai nya yang bermasalah sehingga cukup mengganti baterai saja.

Selesai semoga bermanfaat terimakasih.