Cara Mudah Mengganti Tema BBM Di Android

Jika anda seorang pemakai handphone android, tentu saja anda juga tidak mau untuk ketinggalan oleh aplikasi yang fenomenal ini. Blackberry Massenger atau biasa kita sebut BBM merupakan aplikasi chating yang memang sangatlah booming belakangan ini karena kemampuannya terintegrasi dengan baik serta kemasannya yang ringan.

Sebelumnya aplikasi Blackberry Massanger atau BBM ini hanya dapat digunakan pada ponsel cerdas yaitu handphone Blackberry. Namun saat ini aplikasi Blackberry Massanger sudah dapat dirasakan juga oleh para pemakai handphone cerdas berbasis android dan iOS. Tentu saja aplikasi Blackberry Massanger di handphone android dan handphone Blackberry memiliki perbedaan. Pada handphone Blackberry, penggunanya bisa dengan mudah mengganti tema pada aplikasi Blackberry Massanggernya. Beda halnya pada handphone android yang cara mengganti tema BBM nya tidak semudah melakukannya pada handphone Blackberry. Memanglah sudah standarnya pengguna handphone android hanya bisa menikmati aplikasi Blackberry Massanger dengan tampilan yang standar yaitu putih saja. Tentunya sesekali anda akan merasa bosan dengan tema aplikasi BBM yang itu-itu saja kan? Nah, pada artikel saya kali ini saya akan memberikan cara mengganti tema BBM pada handphone android sesuai keinginan anda.

Cara Mudah Mengganti Tema BBM Di Android


Cara Mengganti Tema BBM pada Handphone Android


Beberapa hal yang harus disiapkan :

  1. Siapkanlah perangkat handphone android anda. Hapuslah terlebih dahulu aplikasi BBM yang sebelumnya. Pastikan bahwa anda mengingat terlebih dahulu email dan password akun aplikasi BBM anda supaya tidak perlu lagi mengganti Blackberry ID atau mengganti PIN baru dan supaya tetap dengan daftar kontak BBM yang sudah ada.
  2. Downloadlah master aplikasi BBM yang sudah dimodifikasi di google, atau bisa di download disini.
  3. Sesudahnya, downloadlah aplikasi editornya agar dapat mengganti tema pada aplikasi BBM anda, download disini.
  4. Jika ingin melakukan modifikasinya melalui laptop dan PC. Pastikan terlebih dahulu bahwa pada laptop atau PC tersebut sudah ada aplikasi WinRar nya.
  5. Siapkanlah 3 buah gambar berektensi PNG yang beresolusi sama dengan resolusi yang digunakan layar handphone android anda supaya tampilannya nanti akan terlihat sempurna. Supaya anda tidak bingung, lakukan rename pada ketiga gambar yang sudah anda siapkan tersebut misalnya dengan back_slide, back_main, serta back_chat.


Nah, sekarang jika ke lima hal tersebut sudah terpenuhi semuanya, anda bisa langsung melakukan modifikasi. Sebenarnya anda bisa melakukannya melalui komputer anda dan melalui handphone android anda langsung, namun kali ini saya hanya akan memberikan cara mengganti tema BBM langsung menggunakan android anda karena caranya yang lebih mudah dan cepat. 

Cara Mengganti Tema BBM di Android


  1. Simpanlah pada SD Card master BBM yang sudah dimodif dan editor apk yang sudah anda download seperti pada persiapan anda di atas tadi.
  2. Bukalah aplikasi editor lalu jalankanlah master aplikasi BBM modifikasi tersebut.
  3. Pilihlah folder drawable.
  4. Lalu anda harus menemukan ketiga gambar-gambar yang sudah anda namai dengan back_slide, back chat, dan back_main. Nah, nantinya ketiga gambar tersebut akan menjadi file yang akan menjadi pengganti tema atau backgorund sebelumnya.
  5. Setelahnya, anda hanya perlu menekan lalu menahan gambar tersebut sampai muncul menu pilihan ‘replace’. Anda harus me-replacenya secara satu persatu saja. Tunggulah sampai prosesnya benar-benar selesai.
  6. Jika telah selesai, keluarlah dari folder tersebut, hingga pada lokasi file Apk BBM Modif sebelumnya. Nah, pada aplikasi BBM di android tersebut tekan dan tahanlah beberapa saat sampai muncul menu ‘optimize&sign’, pilihlah menu tersebut. Tunggalah sampai prosesnya benar-benar selesai. Setelahnya akan muncul sendiri Apk.Bak (diabaikan saja aplikasi ini). Kemudian installah master aplikasi BBM modifikasi tadi.
  7. Jika proses penginstalan telah selesai, anda tinggal login saja dengan menggunakan username dan password akun anda. Selesai, tema BBM anda berhasil diganti sesuai dengan gambar pilihan anda.


Demikianlah cara mengganti tema BBM  Android di artikel saya ini, semoga bermanfaat.