iPhone Baru: Fitur Dual Sim Pertama

Kini iPhone resmi memperkenalkan tiga varian perangkat terbaru yakni iPhone XS, XS Max, dan XR. Dimana  iPhone XS dan  iPhone XS Max didukung dengan fitur dual sim. Seperti yang kita ketahui dual sim pada smartphone bukanlah teknologi baru, namun untuk iPhone, ini adalah untuk pertama kalinya.

iPhone Baru Fitur Dual Sim Pertama

iPhone Baru: Fitur Dual Sim Pertama


Sama seperti smartphone yang mengusung dual sim lainnya, XS dan XS Max bisa dipasang dua kartu  sim. Namun yang perlu anda ketahui dual sim pada kedua iPhone tersebut memadukan e-SIM (sudah menghilangkan bentuk fisik kartu SIM) dan nano-SIM. Jadi, pada slot e-SIM harus menggunakan operator yang mendukung standar e-SIM.

Bagi anda yang ingin mengunakan kedua iPhone ini, maka pastikan operator yang anda gunakan telah menggunakan teknlogi e-SIM, jika tidak, maka anda hanya bisa menggunakan satu kartu SIM saja.

Apple juga akan meluncurkan iPhone dual SIM khusus untuk penjualan di China yang mana pemakaian e-SIM di China belum umum. Di China, dan negara lain yang belum mengadopsi eSIM, akan ada dua slot untuk SIM card fisik.

Spesifikasi iPhone XS dan iPhone XS Max


"iPhone X merupakan definisi smartphone masa depan. Smartphone ini hadir dengan revolusi fitur Face ID dan modus kamera Portrait Mode. 98 pelanggan kami puas dengan iPhone X," ucap CEO Apple Tim Cook saat perilisan.

iPhone XS mempunyai layar 5,8 inci dengan panel OLED Super Retina, sedangkan iPhone XS Max mempunyai layar yang lebih besar, yaitu 6,5 inci dengan spesifikasi layar serupa.

Kedua iPhone tersebut tetap menggunakan desain layar edge-to-edge atau bisa dibilang bezeless dengan notch di sisi atas. Dalam notch ada sejumlah sensor, diantaranya kamera depan, infrared, flood illuminator, sensor ambient light, proximity, microphone, dan dot projector.

Kedua iPhone tersebut mempunyai material stainless steel dengan bezel silver yang menutupi pinggiran body. Apple juga menyertakan sertifikasi IP68 sehingga kedua model ini tahan air hingga kedalaman 2 meter.

Untuk fotografi, Apple mengadakan konfigurasi kamera utama ganda untuk XS dan XS Max yang sama-sama beresolusi 12MP. Yang mana untuk keperluan selfie diserahkan pada kamera depan beresolusi 7MP.

Untuk spesifikasi, iPhone XS dan XS Max dilengkapi prosesor terbaru Apple, yaitu A12 Bionic. Prosesor ini didukung teknologi Neural Engine dan mempunyai 6,9 miliar unit transistor dengan CPU 6 inti.

Seperti pada umumnya, Apple memberikan tiga opsi kapasitas penyimpanan untuk kedua iPhone tersebut, yakni 64GB, dan 128GB, dan 256GB.

Baca juga:
-Sony Xperia XZ3
-Oppo R17 Pro
-Samsung Galaxy Note 9
-Xiaomi Pocophone F1


Harga iPhone XS dan XS Max


Apple menghadirkan tiga pilihan warna untuk iPhone XS dan XS Max, yaitu silver, gold and space gray. Apple menghargai  iPhone XS mulai harga US$ 999 (Rp 14 juta), sedangkan XS Max US$ 1.099 (Rp 16,2 juta).

Apakah anda tertarik?