Cara Membuat Daftar Isi

Cara membuat daftar isi - Ketika kita membuat sebuah buku, makalah atau semacamnya maka tentu saja membutuhkan daftar isi, tujuannya tidak lain untuk membantu pembaca bisa menemukan inti dari setiap halaman karya tulis yang dibacanya. Salah satu program pengolah data yang sangat terkenal dan populer di dunia yaitu microsoft office word (ms word) baik digunakan orang saat mengerjakan laporan, membuat tugas, atau semua yang berhubungan dengan pengolahan data lainnya bisa dikerjakan menggunakan program ini.

Peran MS Office Word Untuk Membuat Daftar Isi


Jika dulu anda mengetik hanya bisa menggunakan mesin tik, seiring berkembangnya zaman maka mesin tik telah diganti menggunakan komputer dimana semuanya sangat simple, mudah dan serba otomatis. Nah disinilah peran ms word, program ini dipasang di sebuah komputer untuk menggantikan mesin tik tadi. Program buatan dari microsoft ini menurut saya sangatlah canggih, semua format pengetikkan ada disana termasuk cara membuat daftar isi secara otomatis pun ada.

Namun kebanyakan dari kita belum dapat memanfaatkan salah satu fitur di office word ini (daftar isi), sering sekali saya melihat orang membuat daftar isi tidak beraturan dan sangat tidak rapi yang menandakan pembuatannya masih secara manual. Nah kali ini kami akan ajarkan anda cara membuat daftar isi dengan mudah di office word agar pembuatan karya tulis sobat terlihat rapi dan enak dibaca tentunya.

Cara Membuat Daftar Isi Di Ms. Office Word


Untuk cara pembuatannya sangat mudah menurut saya, silahkan ikuti langkah demi langkah tutorial dibawah ini ya :

1. Bukalah program MS.Office word pada komputer anda, jika belum ada program ini silahkan download dan install terlebih dahulu. Saran saya gunakan office word 2007 saja karena sangat user friendly.

2. Setelah terbuka maka anda akan melihat lembar kerja kosong, aktifkan menu ruler (jika belum aktif) pada program tersebut, caranya klik ribbon view dan centang pilihan ruler.

Cara Membuat Daftar Isi 1


3. Jika sudah, Buat sebuah judul di awal paragraf dan buat rata tengah, biasanya judulnya "DAFTAR ISI", lalu di paragraf selanjutnya ketik "kata pengantar", jika sudah diketik klik lah pada area ruler tadi sehingga memunculkan tanda huruf L berwarna hitam, buatlah tanda tersebut 2 kali lalu atur posisinya, lihat gambar dibawah ini.

Cara Membuat Daftar Isi 2


4.  Selanjutnya klik 2 kali secara cepat di tanda L tersebut lalu akan muncul tab persis seperti dibawah ini.

Cara Membuat Daftar Isi 3

Atur lah formatnya sama seperti dibawah ini :

  • Di bagian tab stop positin & default tab stop diamkan saja.
  • Di bagian alignment pilih right.
  • Di bagian tab leader pilih no.2 .........
  • Lalu klik tombol set dan OK

5. Jika sudah, lihat tanda L tadi akan berubah menjadi terbalik.

Cara Membuat Daftar Isi 4


6. Selanjutnya letakkan kursos di kata pengantar yang diketik tadi dan tekan tombol TAB pada keyboard anda, maka otomatis muncul tanda titik titik sampai tanda L yang terbalik tadi.

Cara Membuat Daftar Isi 5


7. Selanjutnya tekan lagi tombol TAB di keyboard anda sehingga kursos akan pindah ke tanda L yang kedua lalu buatlah nomor halaman yang di inginkan.

8. Selanjutnya tekan enter dan buat judul lainnya yang ingin di inginkan, lalu ulangi lagi dari langkah 6 sampai ke 7.

Cara membuat daftar isi di ms office word telah selesai, tutorial ini menggunakan office word 2007, sebenarnya semua versi office word tutorialnya hampir sama namun tampilannya saja berbeda. Semoga bermanfaat terimakasih.