4 Aplikasi Gratis Untuk Membuat Catatan Di Android

Saat ini smartphone memiliki fungsi yang 'sudah jauh' dari hanya sekedar untuk menelpon atau kirim SMS. Ponsel dengan Sistem Operasi Android misalnya, memiliki banyak sekali kegunaan yang bisa dimanfaatkan oleh user, contohnya main game, menonton video, membuat catatan belanja dan lain sebagainya.

Jika suatu saat Anda memiliki sebuah ide yang cemerlang tentang sesuatu, Anda bisa menuliskan pemikiran tersebut melalui sebuah catatan yang nantinya bisa dikembangkan lebih dalam. Cara yang paling cepat untuk menuangkan dan menulis ide cemerlang tersebut adalah dengan menuliskankannya di smartphone kesayangan Anda.


Soal aplikasi catatan yang tersedia untuk ponsel Android sangat banyak pilihannya, namun tidak semua aplikasi tersebut nyaman digunakan, misalnya terlalu banyak iklan di dalam aplikasi, kemudian bisa juga jenis dan ukuran font yang tidak bisa diganti. Nah, jika Anda ingin mengunduh aplikasi Android yang akan digunakan nantinya untuk membuat catatan, Anda bisa memilih salah satu dar 4 aplikasi gratis berikut.

1. ColorNote


ColorNote merupakan aplikasi membuat catatan Android yang gratis dan Anda dapat mengunduhnya di Playstore tanpa dipungut biaya sepersen pun. Fitur-fitur yang ada pada ColorNote sendiri lumayan lengkap, sebut saja warna background catatan untuk mempermudah membedakan jenis catatan yang telah Anda buat. Fitur selanjutnya yang dimiliki yang tak kalah pentingnya adalah opsi untuk mem-backup catatan ke memori internal atau kartu memori eksternal ponsel.

Masih banyak fitur-fitur lainnya yang bisa Anda nikmati pada aplikasi catatan gratis tersebut. Untuk mengunduh ColorNote, silahkan download di sini.

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.socialnmobile.dictapps.notepad.color.note

2. FairNote


Aplkasi FairNote terdiri dari dua versi yaitu versi graris dan versi berbayar. Fitur yang ada pada versi grarisnya hampir sama banyak dengan versi pro, kecuali fitur ekripsi catatan dengan finger print, dark theme dan tampilan tanpa iklan.

FairNote sendiri lebih memfokuskan fungsi aplikasi pada sektor keamanan, dimana tersedia opsi untuk meng-enkripsi dan dekripsi catatan yang telah dibuat sehingga lebih aman. Fitur Pro dihargai dengan harga cukup murah sekitar 9 US Dollar saja. Pada versi Pro atau berbayar, pengguna bisa menambahkan pilihan untuk enkripsi dan dekripsi melalui sidik jari dan lain-lain. Untuk mendownload aplikasi FairNote silahkan melalui link ini.

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.rgiskard.fairnote

3. FiiNote


FiiNote merupakan aplikasi pembuat catatan selanjutnya yang mempunyai fitur bagus. FiiNote telah mendukung input dari stylus pen yang memungkinkan pengguna membuat gambar menggunakan pulpen digital ponsel. Anda bisa membuat sebuah catatan, menghiasinya dengan gambar atau tulisan tangan. Pengguna juga bisa memasukkan foto, video atau rekaman suara pada catatan yang telah dibuat. Silahkan unduh melalui tautan ini jika Anda tertarik untuk memakainya.

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fiistudio.fiinote

4. Omni Note


Omni Note adalah aplikasi pembuat catatan untuk Android yang juga telah mendukung input dari stylus pen. Dengan Omni Note, pengguna bisa menggabungkan beberapa buah catatan menjadi satu sehingga user tidak perlu melakukan copy-paste secara manual lagi.

Omni Note bisa diunduh secara gratis tanpa perlu membayar satu Rupiah pun karena aplikasi ini merupakan aplikasi 100% gratis. Tampilannya sederhana, sehingga bagi pengguna baru tidak akan susah untuk mengeksplorasi menu dan fitur yang terdapat di dalamnya. Untuk mendownload, silahkan klik pada link ini.

https://play.google.com/store/apps/details?id=it.feio.android.omninotes

Demikianlah kumpulan aplikasi pembuat catatan untuk ponsel Android yang memiliki beragam fitur bermanfaat. Dari keempat aplikasi di atas, 3 diantaranya 100% gratis, sedangkan satu lagi tersedia dalam dua versi' gratis dan Pro. Keempat aplikasi yang dibahas di atas tersedia di Playstore dan bisa diunduh secara gratis.