Cara Membuat Stiker Sendiri Menggunakan Printer

Caraseobali.com, Stiker adalah sebuah kertas yang bisa ditempelkan, atau dengan kata lainnya stiker ini memiliki perekat yang membuatnya bisa ditempelkan. Biasanya sebuah stiker dibuat dari bahan kertas dan vinil. Biasanya bahan stiker terdiri dari dua lapis, yakni lapisan bawah sebagai pelindung perekatnya dan lapisan atas sebagai media gambarnya. Lapisan bawalah yang harus dikupas untuk menempelkan stiker pada media yang diinginkan. Bahan stiker dibedakan menjadi dua yakni stiker bening dan tidak bening. 

Stiker bening dimanfaatkan untuk tujuan supaya stikernya tidak menutupi semua permukaan benda yang dijadikan media untuk kita tempeli stiker, seperti botol. Dengan bahan ini kita hanya akan melihat gambat atau tulisan stikernya saja dan semua ruang antar tulisan akan tembus pandang karena sifatnya yang transfaran.

Cara membuat stiker bisa dilakukan dengan banyak cara, seperti disablon, dicetak offset dan dicetak digital. Semua cara memiliki kelemahan dan kelebihannya masing-masing. Pilihlah metodek pembuatan stiker sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pemakain stiker itu sendiri. Anda sendiri juga bisa membuat sebuah stiker, berikut ini caranya.

Cara Membuat Stiker Sendiri Menggunakan Printer


Cara Membuat Stiker Sendiri


Berikut beberapa langkah membuat stiker untuk membuat sebuah stiker yang bagus dan menarik.

1. Siapkanlah bahan dan alat yang akan diguanakn untuk membuat sebuah stiker:

  • Printer dan komputer
  • Kertas stiker atau kertas stiker yang di atasnya kertas dan bisa diprint dengan printer biasa.
  • Kertas stiker transparan
  • Cutter, gunting dan penggaris


2. Siapkanlah gambar atau tulisan yang anda inginkan untuk dibuat stiker. Anda bisa menemukannya di internet.
3. Editlah gambar yang sudah anda pilih tersebut. Anda bisa menggunakan program photoshop atau coreldraw.
4. Langkah cara membuat stiker selanjutnya yakni printlah gambar yang tadi sudah anda edit sesuai dengan keinginan anda di atas sebuah kertas stiker yang sudah disiapkan
5. Rangkailah hasil kerja anda mulai dari poin yang pertama hingga poin yang  keempat tadi dengan cara menempelkan stiker bening di atasny kemudian secara pelan tempelkan di semua bagian stikernya, supaya rata dan tidak ada gelembung anda bisa menggunakan penggaris. Tujuan ditempelkannya stiker transparan adalah supaya warnanya tidak cepat pudar dan luntur.
6. Cermatilah hasil pekerjaan anda hingga ke poin nomor 5. Setelah semuanya tertempel dengan rapi, guntinglah sesuai gambar. Anda bisa mengikuti alur stiker atau gambarnya , bisa juga berbentuk kotak atau bulat sesuai dengan keinginan anda. Sebelum menggunakan gunting, gunakanlah cutter untuk membentuk goresannya supaya hasil potongan stiker lebih rapi. Dan stiker buatan anda sudah selesai.

Nah, itulah beberapa langkah sebagai cara membuat stiker yang bisa dijadikan referensi untuk membuat stiker sendiri di rumah. Terimakasih telah membaca artikel ini.